Total Tayangan Halaman

Jumat, 13 Juli 2012

TIGA TIPE PEMIMPIN

Tiga tipe pemimpin menurut asalnya yaitu :
a. Pemimpin yang dilahirkan 
b. Pemimpin yang dibentuk
c. Pemimpin yang ditunjuk

PEMIMPIN YANG DILAHIRKAN, adalah pemimpin yang memang punya bakat alami sebagai pemimpin. Dia tidak perlu dibentuk, tanpa didikan khusus dan tanpa perlu penunjukan oleh manusia lainnya untuk menjadi pemimpin. Contoh Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Walaupun beliau terlahir dari keluarga miskin, dan terlalhir sebagai anak yatim lalu kemudian jadi yatim piatu, dan beliau tidak menempuh pendidikan khusus kepemimpinan, namun beliau terbukti menjadi pemimpin alami yang sukses. Hanya ada sedikit pemimpin tipe ini. namun pengaruhnya sangat besar dalam sejarah. Contoh lain : Nabi Isa ibnu Maryam alaihissalam, Nabi Musa alaihissalam, Hitler, Soekarno, Soeharto, Lincoln, Bill Gates dan lain-lain.

PEMIMPIN YANG DIBENTUK, yaitu pemimpin yang dibentuk oleh sistem dan pendidikan. Ketika memimpin, tidak menimbulkan pembaharuan yang signifikan. Mereka memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam memimpin, tapi efek kepemimpinannya tidak begitu berpengaruh dalam sejarah. Contoh : Para perwira tentara, para pemimpin hasil pendidikan, para manager karir dan lain-lain.


PEMIMPIN YANG DITUNJUK, yaitu pemimpin yang mendapat kedudukannya karena hasil tunjukan. Misalnya Para komandan pasukan, para pejabat karir PNS, para ketua RT/RW, dll. Ciri khusus dari pemimpin tipe ini adalah ada pada kemampuan kepemimpinannya yang relatif rendah, sangat miskin kreativitas, kurang berani membuat gebrakan/inovasi baru, dan tanggung jawab yang sering kali hanya sebatas formalitas.

FAQ : 
1. Termasuk tipe manakah para raja, sultan, kaisar dan sebagainya?
Jawaban : Termasuk tipe pemimpin yang ditunjuk. Lalu jika mereka mendapat pendidikan kepemimpinan dan berhasil memiliki kemampuan kepemimpinan yang mumpuni maka mereka masuk tipe pemimpin yang dibentuk. Dan Jika mereka mampu membuat gebrakan besar dalam sejarah maka mereka masuk tipe pemimpin yang dilahirkan. Contoh Hayam Wuruk, Genkhis Khan, Iskandar Zulkarnaen, Khalid bin Walid, Umar bin Khattab, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar